Dunia TI (31) Gaya Hidup (25) Kesehatan (16) Lagu (10) Misteri (12) Olahraga (5) Sejarah (22) Software (3) Tips (50) Umum (18) Unik (82)

7 Penemu Yang Tewas Akibat Temuannya Sendiri

Minggu, Januari 29, 2012 0 komentar

Banyak orang-orang pintar di dunia ini yang sukses menemukan banyak hal yang berguna bagi umat manusia. Misalnya Alexander Graham Bell yang berhasil menemukan pesawat telepon dan hingga saat ini teknologi tersebut terus dikembangkan dan masih sangat berguna bagi manusia. Akan tetapi terkadang nasib seorang penemu tak selalu beruntung dan berakhir bahagia, ada beberapa penemu yang hidupnya malah berakhir tragis akibat benda hasil penemuannya sendiri. Berikut ini ada tujuh penemu yang hidupnya harus berakhir akibat temuannya sendiri;

1. Jimi Heselden (27 Maret 1948 - 26 September 2010)
Kematian pemilik perusahaan Inggris Hesco Bastian ini diakibatkan oleh kecelakaan segways. Segways sendiri merupakan produk hasil perusahaan Hesco. Walaupun Heselden bukanlah penemu sebenarnya (penemu segways adalah Dean Kamen), akan tetapi tetap saja, sebagai pemilik perusahaan yang memproduksi segways, ia harus tewas akibat produknya sendiri.

      2. Marie Curie (7 November 1867 -  4 Juli 1934)
Sebagai wanita pertama yang berhasil mendapatkan nobel dan juga orang pertama di dunia ini yang berhasil mendapatkan dua buah nobel, kehidupan Marie Curie harus berakhir akibat eksperimennya sendiri. Ilmuwan wanita ini seumur hidupnya meneliti mengenai zat kimia radium dan polonium, yang keduanya sangat tinggi kadar radioaktifnya. Kematian Curie ketika itu didiagnosis akibat penyakit aplastic anemia, dimana sumsum tulangnya yak lagi memproduksi sel darah baru. Penyakit tersebut merupakan dampak dari paparan radioaktif yang diterima Curie seumur hidupnya.
     
 3.Thomas Andrews (7 Februari 1873 – 15 April 1912)
Thomas Andrew merupakan orang Irlandia yang menjadi salah satu arsitek untuk kapal laut yang terkenal, yaitu Titanic. Kapal laut yang dikabarkan tak akan pernah bisa tenggelam ini akhirnya tak pernah sampai ke tujuan akhirnya, karena ia tertdur di dasar lautan bersama ribuan penumpangnya dan salah satunya adalah Thomas Andrews.

      4. Horace Lawson Hunley ( 20 Juni 1823 – 15 Oktober 1863)
Namanya terkenal pada masa perang sipil di Amerika. Ia berhasil menemukan kapal selam sebagai salah satu kendaraan perang. Sayangnya kapal selam ciptaan Hunley belum bisa dipastikan keamanannya. Pada percobaan pertama sebanyak lima dari sembilan orang kru kapal selam harus tewas. Pada percobaan kedua, lagi-lagi kapal selam ciptaannya tenggelam dan kali menewaskan semua kru termasuk Hunley. 132 tahun kemudian kapal selam Hunley akhirnya ditemukan di dasar Samudra Atlantik.

5. Alexander Bogdanov (22 Agustus 1873 – 7 April 1928)
  AAlexander Bogdanov adalah seorang penemu tindakan medis yaitu transfusi darah. Selain itu ia terkenal dengan gagasan peremajaan menggunakan tranfusi darah. Bogdanov lalu menggunakan dirinya sendiri sebagai kelinci percobaan. Dan hasilnya ia berhasil melakukan 11 kali transfusi, pada transfusi ke-12 ia mengalami infeksi dan meninggal dunia.

       6. William Bullock (1813 – 1 April 1867)
Warga New York ini berhasil menemukan mesin cetak Bullock. Mesin cetak ini menggunakan gulungan kertas sehingga lebih cepat dan praktis. Menurut cerita, suatu hari Bullock yang sedang memantau hasil ciptaannya itu menendang mesinnya atau secara tidak sengaja kakinya tersangkut pada mesin yang tengah berputar. Ini menyebabkan tulang kakinya patah dan ia meninggal di meja operasi untuk menyembuhkan kakinya.

      7. Henry Winstanley
Ia merupakan seorang arsitek mercusuar asal Inggris yang terkenal. Suatu ketika ia diharuskan menguji coba mercusuar buatannya apakah tangguh diterjang badai. Ia pun menginap di mercusuar tersebut bersama beberapa orang. Dan ketika badai menerjang ternyata mercusuar tersebut roboh dan menimpa Winstanley beserta lima orang lainnya.

Sumber: http://memobee.com/index.php?do=c.every_body_is_journalist&idej=766

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Blogger Indonesia | TNB