Dunia TI (31) Gaya Hidup (25) Kesehatan (16) Lagu (10) Misteri (12) Olahraga (5) Sejarah (22) Software (3) Tips (50) Umum (18) Unik (82)

Tips Membuat Blog yang Menarik

Senin, Maret 23, 2015 0 komentar
 

Popularitas blog masih terus bertahan di tengah kepungan media sosial. Banyak orang atau institusi kecil memilih blog karena lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.
Blog yang sukses terindikasi dari jumlah pengunjungnya, yang kemudian dapat dijadikan pengguna sebagai daya tarik utama untuk menarik pengiklan. Inilah beberapa kiat untuk membuat blog Anda diperhatikan orang, seperti yang dikutip dari sumber

1. Tentukan tujuan blog Anda
Anda bisa membuat blog mengenai hal-hal umum. Anda juga bisa menjadi seorang spesialis di satu bidang. “Tuliskan hal-hal yang cukup berguna sehingga orang-orang akan membagikan berita Anda di media sosial, karena pada akhirnya, hal inilah yang akan meningkatkan traffic blog Anda,” kata Dharmesh Shah, pendiri dan Chief Technology Officer dari HubSpot, perusahaan yang bergerak dalam bidang internet marketing.


2. Tulis artikel yang menarik
Tunjukkan karakteristik Anda dalam tulisan Anda. Tulislah artikel yang menarik. Buat artikel yang mengundang kontroversi dan perdebatan.


3. Post artikel secara rutin
Sukses sebagai penulis blog memerlukan usaha yang signifikan. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus menulis dengan konsisten, tidak peduli apakah Anda menulis artikel hingga 10 kali dalam sehari ataukah hanya satu artikel per bulan.


4. Tulis artikel pendek
Setelah 750 kata – atau kadang, hanya 300 kata – pembaca akan kehilangan ketertarikan mereka pada artikel Anda. Berkomunikasilah dengan pembaca Anda dan berpartisipasilah dalam blog-blog lain. Balas komentar yang Anda terima. Dengan menjalin komunikasi yang baik, maka blog Anda akan lebih terekspos. Anda juga bisa berkomentar dalam blog lain atau bertanya pada pembaca Anda mengenai suatu hal.


5. Dorong pembaca Anda untuk menggunakan RSS Feed
RSS adalah sebuah format dimana seseorang akan mendapatkan notifikasi saat muncul artikel baru dalam blog Anda. Dengan menggunakan RSS, pembacca Anda dapat membaca blog Anda dan beberapa situs atau blog lain.


6. Post artikel Anda pada hari kerja
Alihkan perhatian pembaca Anda dari kerja mereka. Pada akhir minggu, kemungkinan besar, para pembaca Anda bahkan tidak akan online.


7. Gunakan media sosial untuk promosi
Promosikan artikel Anda di Twitter dan Facebook. “Salah satu fitur paling berguna pada media sosial adalah karena media sosial memudahkan pembaca untuk berbagi isi dari blog Anda,” kata Shah. “Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan memasukkan tombol ‘Bagikan di Facebook’ atau ‘Tweet ini’ di artikel Anda. Semakin mudah pembaca dapat membagikan artikel Anda, maka semakin banyak pula orang yang akan membagikan artikel Anda dalam media sosial mereka. Memasukkan tombol-tombol seperti ini pada blog Anda adalah investasi yang Anda lakukan sekali dengan hasil yang terus mengalir.”


8. Pastikan konten Anda mudah ditemukan SEO
SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization”. Temukan kata kunci yang Anda pikir akan orang gunakan untuk mencari artikel Anda dan pikirkan bagaimana cara terbaik untuk menggunakan kata kunci tersebut dalam judul dan isi artikel anda.

Dharmesh Shah mengatakan bahwa semakin awal kata kunci tersebut muncul, maka semakin besar sinyal yang didapatkan oleh Google. Misalnya, “Mencari Pengacara Hak Paten: 7 Hal yang Harus Diperhatikan” akan memiliki peringkat yang lebih tinggi daripada “Tujuh Hal yang Harus diperhatikan Saat Mencari Pengacara Hak Paten” karena kata kunci yang diinginkan – “pengacara hak paten” – muncul lebih cepat. Shah juga merekomendasikan sebaiknya judul artikel tidak melebihi 120 karakter, sehingga pembaca dapat lebih mudah membagikan artikel tersebut lewat Twitter.

9. Buat blog Anda menarik untuk dilihat
Masukkan foto, video, polling dan berbagai elemen visual lainnnya.


10. Aktiflah berkomunikasi
Tulis komentar pada blog lain yang memiliki tema yang sama dengan blog Anda dan balas komentar, baik yang positif maupun yang negatif, dari pembaca Anda. Jika Anda mengizinkan pembaca untuk memberi komentar, pastikan Anda siap untuk mendengar komentar negatif. Jika tidak, mungkin para pembaca Anda akan membicarakan artikel Anda di tempat lain.


 Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Blogger Indonesia | TNB